fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Hindari Aksesoris Berlebihan untuk 3 Bagian Komponen Mobil Ini
Article 01

Memodifikasi mobil memang hal yang menyenangkan. Beberapa aksesoris ditambahkan atau bahkan diganti dari yang sudah dibuatkan oleh pabrikan mobil. Namun, jangan pernah melakukan modifikasi untuk aksesoris komponen mobil yang berikut ini.

Beberapa diantaranya akan menganggu kelistrikan mobil, bahkan paling fatal, sistemnya tidak bekerja dengan baik serta berakibat fatal seperti kecelakaan. dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Nah, kali ini Carsworld akan berbagi beberapa tips tentang komponen mobil yang tidak perlu menggunakan aksesoris atau diganti dengan yang lebih keren untuk kebutuhan modifikasi. Apa saja ya?

1. Sarung setir

hindari-aksesoris-berlebihan-untuk-3-bagian-komponen-mobil-ini

Aksesoris komponen mobil pertama yang sangat dihindari adalah setir. Bukan, bukan tentang mengganti setir mobil, namun penggunaan sarung setir.

Sarung setir kerap digunakan untuk menambah keindahan dibalik kemudi. Namun, jika digunakan jangan lupa sarung setir juga bisa memberikan efek yang tidak baik untuk pengemudi.

Apalagi, jika bahan sarung setir yang tidak sesuai. Alih-alih menambah keindahan dibalik kemudi, sarung setir justru akan menyulitkan pengemudi karena kesulitan mengontrol mobil.

Selain memperhatikan kualitas bahan, kamu juga perlu memastikan ukurannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya selip yang membuat pengemudi kesulitan mengontrol arah laju mobil.

2. Mengganti lampu kabut

hindari-aksesoris-berlebihan-untuk-3-bagian-komponen-mobil-ini

Lampu kabut untuk mobil sebenarnya sudah diatur sesuai dengan standar kamanan oleh pabrikan. Namun, beberapa pemilik mobil justru mengganti lampu kabut dengan warna yang lain.

Padahal, cara ini bisa membuat sebaran cahaya tidak merata. Standarnya, untuk lampu kabut warna yang akan dihadirkan adalah warna kuning. Namun, sebagian pemilik mobil punya kecenderungan menggantinya dengan warna putih.

Padahal, ini justru bisa membahayakan pemilik mobil. Apalagi jika hujan deras atau ketika jalanan berkabut, lampu berwarna putih ini tidak akan efektif, dan cenderung berbahaya.

Selain warna, hal lain yang wajib diperhatikan adalah tegangan watt dari bohlam. Jika berlebihan dari kondisi kelistrikan mobil, justru akan merusak mobil itu sendiri. Bisa-bisa terjadi kebakaran yang dipicu oleh kelistrikan mobil yang tak stabil.

Hal yang terpenting adalah, jika ingin mengganti lampu kabut sesuaikan dengan standar yang sudah diberikan pabrikan, dan jangan lupa melakukan perawatan rutin untuk komponen yang satu ini.

3. Kaca Headlamp

hindari-aksesoris-berlebihan-untuk-3-bagian-komponen-mobil-ini

Aksesoris komponen mobil lain yang juga sebaiknya mendapatkan perhatian saaat akan dimodifikasi adalah Headlamp. Beberapa pemilik mobil kerap mengganti atau bahkan melapisi kaca film dengan yang lebih gelap, agar mobil terlihat sporty.

Memang benar, secara visuala terlihat sporty. Namun, penggunaan aksesoris mobil ini justru akan membuat sebaran cahaya tidak optimal. Ketika ini sudah terjadi, siapa pun dibalik kemudi mobil bisa membahayakan dirinya sendiri. Paling buruk, bisa membahayakan pengguna kendaraan lainnya.

Jadi, berhati-hatilah menggunakan aksesoris untuk komponen mobil ya.

Baca juga: Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga